Selasa, 22 Januari 2013

Junk Food Bisa Menyebabkan Asma

Para orang tua sebaiknya benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi anaknya. Sebab sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau anak yang terlalu sering makan junk food berisiko tinggi terserang asma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal British Medical Association tersebut tepatnya melibatkan anak setengah juta anak berusia 6-7 tahun dan 13-14 tahun. Peneliti lantas memeriksa kebiasaan makan dan gangguan kesehatan seperti rasa gatal pada kulit - yang merupakan gejala dari eksem atau dermatitis - dan hidung tersumbat meskipun tidak sedang flu.

Kuesioner pun disebar dan orang tua di berbagai belahan dunia diminta untuk mengisinya. Hasilnya, kebiasaan makan junk food ternyata punya kaitan yang erat dengan kondisi asma yang dialami anak, demikian seperti yang dilansir dari The Daily News.

Sekitar tiga atau lebih penyajian junk food meningkatkan risiko asma sebesar 39 persen pada remaja dan 27 persen pada anak. Selain asma, penyakit kulit eksem atau dermatitis juga meningkat risikonya pada anak yang sering mengonsumsi junk food.

Sebaliknya, jika konsumsi junk food diganti dengan buah-buahan, maka risiko gejala asma dan penyakit kulit justru menurun sebanyak 11-14 persen.

Sebelumnya, sebuah penelitian lain menyatakan kalau lemak jenuh pada junk food adalah pemicu dari inflamasi dalam sistem imun. Sehingga inflamasi tersebut menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi pecinta junk food.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar